Kamis, 15 Maret 2018

Buah ciplukan/Tapalut kerap dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Selain karena biasanya hidup disemak-semak, rasanya pun kurang familiar pada kebanyakan lidah orang Indonesia. Namun, saat buah ciplukan sudah matang yang ditandai dengan warna kulit buahnya yang kuning kemerahan disertai dengan tekstur buah yang lembut, buah ini akan terasa manis dan sensasi kenyal yang berbeda. Tanaman ciplukan/Tapalut biasanya tumbuh secara sendiri pada suatu bidang tanah. Mungkin agak susah untuk ditemukan di area perkotaan.
Untuk Anda yang belum pernah melihat secara langsung tanaman ciplukan/Tapalut, penulis sudah mencantumkan gambarnya di bawah judul utama. Pohonnya hanya bisa mencapai satu meter (kadang ada yang lebih) dengan umur tanaman maksimal satu tahun. Batangnya berwarna hijau dengan banyak cabang disekelilingnya. Daunnya berwarna hijau tipis dengan gerigi yang jarang di ujung-ujungnya. Ketika berbuah, buah ciplukan akan dibungkus oleh semacam kantong tipis menggembung berwarna hijau. Lambat laun kantong ini akan berubah warna menyerupai warna buah ciplukan di dalamnya. Jadi, untuk menentukan apakah buah ciplukan sudah matang atau belum, Anda tidak perlu membukanya satu persatu. Cukup dengan melihat warna kantog buah, maka Anda sudah bisa menebak tingkat kematangannya.


Namun, walaupun kerap dianggap sebagai buah yang nomer kesekian ternyata buah ciplukan menyimpan rahasia tentang kegunannya bagi kesehatan manusia. Nah, pada kesempatan kali ini, penulis sudah menyiapkan sebuah rangkuman tentang manfaat buah ciplukan/Tapalut bagi kesehatan yang penulis rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Simak ulasannya sebagai berikut.

Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

  1. Mengobati Penyakit Epilepsi

Penyakit ayan dapat dengan mudah ditandai dengan hilangnya kesadaran seseorang yang kemudian diikuti oleh kejang-kejang dan keluarnya buih dari mulut. Penyakit ini dikenal juga dengan sawan babi atau istilah kerennya epilepsi. Bagi orang yang mengidap penyakit ayan, kadang mereka merasa malu ketika sindrom ini menerpa karena tidak diketahui kapan waktunya. Untuk mengatasi hal ini, buah ciplukan dapat digunakan sebagai obat. Tetapi, ada baiknya jika Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terkait dan pengobatan dengan buah ciplukan ini hanya sebagai pendamping dalam percepatan penyembuhan penyakit ayan Anda. Konsumsi 10 butih buah ciplukan secara rutin setiap hari dan rasakan manfaatnya.
  1. Mengatasi Sariawan

Sariawan dapat diartikan sebagai penyakit pada gusi, mulut bagian dalam, maupun lidah yang ditandai dengan munculnya bintik merah dan putih. Pengidap sariawan biasanya akan mengeluhkan rasa sakit dan perih apalagi ketika digunakan untuk makan dan minum. Belum lagi ditambah dengan munculnya bau mulut akibat aktivitas bakteri di mulut. Kini Anda tidak perlu khawatir karena kandungan vitamin C pada buah ciplukan mampu mencegah dan mengobati sariawan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi 10 butir buah ciplukan setiap hari secara langsung atau dibuat jus.
  1. Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah melebihi batas sewajarnya. Hal ini tentu akan berakibat fatal jika terus-terusan dibiarkan. Buatlah ramuan dengan merebus lima butir buah ciplukan pada 100 ml air. Rebus selama 5 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang dan menguap. Saring air rebusan dan minum ketika sudah berubah menjadi sedikit hangat secara rutin dua kali sehari. Anda dapat mengecek perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah mengkonsumsi ramuan ini.
  1. Menyembuhkan Vertigo

Vertigo dikenal juga sebagai sakit paru-paru. Ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan paru-paru Anda, hal ini kana berakibat pada kemampuannya sebagai organ pernapasan. Napas Anda tidak akan seoptimal dulu. Untuk itu, Anda harus mengatasinya sedini mungkin sebelum menjadi lebih parah. Kali ini Anda tidak hanya membutuhkan buahnya saja melainkan semua bagian tanaman ciplukan seperti  daun, batang, dan akar. Rebus kesemuanya dalam air secukupnya sampai mendidih. Saring ramun untuk memisahkan ampasnya. Minum ramuan selagi hangat tiga kali dalam sehari secara teratur.
  1. Mengobati Bisul

Jangan sampai level ketampanan atau kecantikan Anda turun drastis karena munculnya bisul di kulit. Selain menurunkan kepercayaan diri, bisul tentu akan memberikan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Blenderlah beberapa butir buah ciplukan sampai halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang berbisul. Biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air. Ulangi langkah ini tiga kali sehari sampai bisul sudah benar-benar mengempes.
Yang Mau Order Hub : 082389018585/Sandri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manisan Pepaya

Manisan Tomat Manisan Pepaya